Perbedaan Sepatu Futsal Sol TF dan Sol IC

beda sol TF dan Sol IC

 

Sebagai penjual sepatu futsal, memang sangat perlu untuk menguasai semua informasi mengenai sepatu futsal. Ada banyak sekali versi sepatu yang di produksi oleh produsen sepatu, mulai dari tipe/ model, bahan upper, bahan dan jenis sol, kualitas dan lain sebagainya. Belakangan mulai sering ditanyakan oleh pelanggan kami mengenai perbedaan sepatu futsal sol TF dan sol IC. Apa sih sebenarnya Sol TF dan IC itu? Silahkan simak artikel saya dibawah ini.

Seperti yang sudah saya bahas di atas, Sepatu jenis Sol IC dan TF hanya ada pada versi sepatu futsal dan tidak berlaku pada sepatu sepakbola. Sepatu dengan SOL  IC dan TF ini sebenarnya adalah bagian dari salah satu dari ke empat macam jenis SOL sepatu bola. Lebih tepatnya mereka adalah bagian dari jenis sepatu out sol AG (Artificial Ground) / IN (Indoor). Bahasa simpelnya adalah bagian dari sepatu bola tipe indoor. Karena medan lapangan indoor ini ada 2 macam yakni rumput sintetis dan  matras, maka lahirlah ke dua jenis sol ini supaya bisa beradaptasi untuk ke dua jenis medan lapangan tersebut. Oke berikut ini saya akan langsung menjelaskan perbedaanya.

Sepatu Futsal SOL IC

Sol IC sendiri adalah kependekkan dari  “Indoor Court “, yang di ambil dari bahasa inggris. Sepatu yang menggunakan sol  ini pada dasarnya digunakan untuk lapangan indoor berlantai halus (matras), tidak memiliki stud, bahan outsole biasanya terbuat dari rubber (karet). Jenis sepatu yang menggunakan sol Indoor Court ini selanjutnya lebih populer kita dengar dengan nama SOL IC/ IN Indoor.

Walaupun sebenarnya untuk lapangan berlantai halus, saat ini sudah umum kita lihat para pecinta futsal juga memakai sol jenis ini pada rumput sintetis. Hal Ini karena saat ini Sepatu futsal Sol IC lebih mudah ditemui  dari pada sol TF. Sebagian dari mereka berpendapat, menggunakan Sol IC dilapangan rumput sintetis juga tidak terlalu licin, namun memang lebih baik memakai Sol TF yang memang dirancang khusus untuk medan lapangan rumput sintetis.

Sepatu Futsal SOL TF

SOL TF adalah kependekkan dari “Turf”. Sepatu yang menggunakan sol ini biasa digunakan untuk lapangan indoor dengan rumput buatan. Pada sol TF biasanya memiliki stud/pul kecil-kecil yang banyak, hal ini dimaksudkan untuk menambah daya cengkram sepatu pada lapangan rumput. Bahan outsole-nya biasanya terbuat dari rubber (karet). Jenis sepatu yang menggunakan Sol Turf ini selanjutnya akrab ditelinga kita sebagai SOL TF/TT/Turf.

Pada kenyataanya, saat ini sepatu futsal Sol TF sudah mulai sulit kita temukan. Model sepatu futsal Sol IC sepertinya lebih populer daripada Sol TF. Kami mengakui bahwa kami juga sangat sulit untuk menyediakan sepatu sol TF, padahal jika dilihat dari segi peminat, Sol turf juga tidak kalah dengan sol IC.

Oke, sepertinya hanya itu saja yang bisa saya ulas mengenai  Perbedaan Sepatu Futsal Sol TF dan Sol IC. Sedikit informasi ini saya harap sangat berguna bagi anda untuk menambah referensi atau menjawab rasa penasaran anda. Dan juga kami harap dapat membantu anda untuk mencari dan memilih sepatu futsal yang anda inginkan. Jangan lupa jika artikel kami bermanfaat, sudilah bagi anda untuk memberikan komentar yang positif bagi kami. Secara tidak langsung hal itu akan menambah semangat kami untuk menyediakan artikel-artikel yang bermanfaat bagi anda. Jangan lupa untuk berbelanja sepatu futsal di kami, untuk melihat produk kami silahkan Click Katalog ready Stock. Terimakasih dan Selamat berbelanja!

 



11 Responses to “Perbedaan Sepatu Futsal Sol TF dan Sol IC”

  1. Rully says:

    Keren gan,jadi nambah pengetahuan bagi saya..

  2. James says:

    Kal0 untuk daya tahannya gimana gan?
    Misalkan yang s0l IC di pake di rumput sintetis..

    • ADMIN says:

      Sol IC lebih bagus untuk digunakan di lapangan Matras, memang gak licin di rumput sintetis, namun tidak bisa maksimal seperti Sol TF

  3. steven says:

    Klo sol TF dipake di lapangan indoor apa efeknya ya ?

  4. Leo10 says:

    Rekomendasi saya untuk hasil yg maksimal:

    IC untuk Indoor Court/matras/lantai

    TF untuk Rumput sintetis

    Ada baiknya punya 2 spatu dgn sol yg berbeda, semoga membantu.

  5. aditya K says:

    Keren gan, tambah terus artikelnya. Berbagi ilmu itu dapet pahala kok ;)

Leave a Reply